Tips Menabung

Assalamualaikum, apa kabar pembaca blog ibunarafdan? Semoga senantiasa tercurah nikmat sehat yaa.. aamiin

Kali ini saya tertarik mengangkat tema tentang menabung, sebagai reminder diri sendiri dan semoga ada yang terinspirasi melakukan setelah membacanya 😃.

Let's start writing

Menabung adalah suatu jenis kegiatan menyisihkan atau menyimpan sebagian pendapatan dan biasanya memiliki tujuan tertentu.

Media untuk menabung dari mulai celengan hingga menyimpan di bank melalui produk tabungan.

Lalu apakah perbedaan menabung dengan berinvestasi. Menurut beberapa sumber yang saya baca (salah satunya disini) perbedaannya adalah:
  1. Dari segi waktu penyimpanan; Menabung digunakan untuk tujuan jangka pendek sedangkan investasi untuk tujuan jangka panjang
  2. Dari segi resiko; Menabung minim resiko tapi hasil yang didapatkan juga kecil, sedangkan dalam investasi kita mengenal kalimat "high risk high return" jadi ada kemungkinan mendapatkan bagi hasil yang tinggi namun resiko rugi juga tinggi, makanya investasi lebih cocok untuk jangka panjang.
Belajar menabung bisa sedari dini lho, Rafdan punya celengan kura-kura dan kalau lihat ibunya pegang recehan akan bilang "ibu aku mau minta uang receh buat nabung 😀"

Lalu metode seperti apa yang bisa digunakan untuk menabung:
  1. Menabung di awal ➡ setelah menerima pendapatan, sisihkan sebagian dana untuk ditabung, begitu terus setiap bulannya.
  2. Menabung di akhir ➡ cara ini digunakan saat semua kebutuhan bulanan sudah terpenuhi dan masih ada kelebihan dana untuk ditabung.
Lalu yang paling tepat digunakan metode yang mana? Kalau saya pribadi biasanya menggabungkan keduanya. Jika pada bulan ini tidak ada biaya tahunan dari family forecast (silahkan baca tulisan sebelumnya disini) maka saya akan menggunakan metode menabung di awal. Sedangkan jika di bulan tersebut ada family forecast yang nominalnya cukup besar, menabung akan dilakukan di akhir setelah kebutuhan tersebut terpenuhi.

Lalu kenapa sih kita perlu menabung?

Dalam keluarga akan selalu ada tujuan keuangan jangka pendek seperti mudik lebaran, bayar pajak mobil, kurban, dll. Nah agar tidak memberatkan cash flow bulanan atau bahkan menjadi berhutang, maka sebaiknya sisihkan dana tertentu agar bisa digunakan pada waktunya.

Yuk kita menabung 


#ibu belajar

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus Roya Sendiri

Alternatif Kuliner Sekitaran Jombang - Pondok Aren

NHW Pra Bunda Sayang #Adab Menuntut Ilmu dan Code of Conduct